Hutan Masa Kecil

Rabu, 07 Juli 2010 23.01 Diposting oleh Kholid Abrori Ahda
Enak banget rasanya jadi anak SD zaman sekarang. Mereka beruntung karena lahir disaat semua hal sudah menjadi mungkin untuk dapat dilakukan. Segala kemudahan, dan biaya sekolah gratis bisa mereka peroleh. Beda banget dengan gue ketika SD. Gue juga dulu pernah SD lho, tapi bener-bener berjuang untuk bisa sekolah itu. Jarak sekolah gue sekitar satu atau dua kilometer dari rumah dan itu gue tempuh setiap hari jalan kaki. Beda dengan anak sekarang, udah berangkat naek ojek atau abudemen, tas juga dibawain pembantu udah gitu nyampe rumah PR minta kerjain. Waktu itu gue harus ngelewatin hutan kalo mau kesekolah karena itu jalan pintas satu-satunya dan yang paling dekat untuk gue tempuh. Enam tahun gue harus berangkat dan pulang dengan rasa takut dan waspada tingkat tinggi karena suasana hutannya itu sangat mencekam. Pepohonannya tinggi, besar, rimbun menjdikan hutan itu gelap, rumputnya tajem kalo kena kulit anak-anak macem gue udah gitu banyak hewan liarnya, mulai dari ayam hutan, anjing liar, serangga, sampe uler yang berseliweran di tengah jalan setapak yang gue laluin. Sampai sekarangpun masih serem, walaupun udah ada beberap rumah disekitarnya.

Hujan, panas, becek, dingin udah biasa menjadi rintangan selama gue menuju atau pulang sekolah. Gue inget banget sampe sekarang, waktu itu gue kelas lima SD dan gue mau pulang sekolah. Sebelumnya gue udah punya firasat gak enak waktu mau masuk hutan untuk melintas, jadinya gue bawa ranting pohon yang lumayan panjang dan ngantongin beberapa batu kerikil. Ini semua gue bawa karena pesan nyokap gue: 1) Ular itu takut dengan ular yang lebih panjang dari dia, makanya gue bawa ranting pohon siapa tau kalo gue ketemu ular bego dan dia liat gue bawa ular yang lebih panjang (baca: ranting pohon) dia akan mengurungkan niatnya untuk gigit gue. 2) Anjing itu takut kalo kita jongkok, bukan mau pup. Karena anjing bakal ngira kita lagi ngambil batu untuk nimpuk dia. Nah kalo pas gue jongkok gak nemu batu kan repot urusan. Makanya gue bawa batu buat jaga-jaga walaupun ngantongin batu itu identik dengan nahan sakit perut (mitos).

Dengan terpaksa gue melangkah masuk ke kebon binatang ini. Langkah gue makin cepat dan makin cepat tapi gak sampe lari karena kata nyokap gue (lagi) kalo kita lari malah dikejer anjing dan itu udah terbukti ketika gue dikejer anjing pudel temen gue waktu lagi maen kejer-kejeran. Mata gue selalu awas mengamati jalan tanah yang gue laluin takutnya ada ular lewat terus keinjek dan dia bales dengan mematok kaki gue yang kecil ini.

Tiba-tiba langkah gue terhenti karena mendengar suara aneh..

Ssssttt…Ssssttt…

Perasaan gue mulai gak enak.

Gue coba memberanikan diri untuk nengok ke kiri muka gue, ternyata.. ULAAARRRRRR…
Sekitar tiga puluh senti lagi dari muka gue dengan lidah yang keluar masuk kayak orang kena step.

Gue lari tunggang langgang dan terus teriak AAAAAAAAAAAAAAAA…
Gue lempar ranting pohon yang dari tadi gue bawa, gue udah lupa dengan semua pesan nyokap. Gue juga udah siap lomba lari kalo tiba-tiba malah ada anjing yang ngejer gue. Perasaan gue udah gak karuan lagi. Rasanya walaupun gue ranking satu terus semua sia-sia disaat kayak gini. Gue juga gak peduli walaupun pelajaran matematika tadi gue dapet angka sepuluh sendiri di kelas. Gue pingin nangis tapi nanti malah mancing binatang lain untuk ngejer gue. Serba salah.. Shit! Semua yang ada di otak gue saat itu cuma lari, lari, dan lari lagi, pokoknya gue gak mau mati apalagi karena digigit ular hutan.

Beberapa saat kemudian.

Ujung jalan setapak mulai keliatan, perasaan gue udah mulai tenang dan untungnya gak ada yang ngejer gue. Setelah berhasil mencapai perkampungan warga perasaan gue baru bener-bener tenteram dan damai.
Akhirnya gue bias menghela nafas panjang, huuh…
Rasanya gue berhasil lari dari kematian. Yeah! Setelah nyampe rumah gue jadi takut ngapa-ngapain karena masih trauma, alhasil gue cuma bisa duduk dalem kamar, gak makan dan phobia dengan ular. Tapi keesokan harinya gue harus lewat hutan dan jalan setapak itu lagi. CELENG!!!

2 Response to "Hutan Masa Kecil"

  1. Anonim Says:

    norak deh. masa dg ular aja takut..

  2. Kholid Abrori Ahda Says:

    lu pawang ular , wajar gak takut

Posting Komentar